Mengapa Memakai Jasa Arsitek?

»
Masalah yang dihadapi oleh orang yang akan mendesain rumah adalah ketidakmampuannya untuk memvisualisasikan rumah idaman mereka. Sudah begitu banyak referensi mulai dari situs online, tabloid, brosur, atau majalah tentang rumah yang dilihat, namun tidak bertambah jelas, tapi malah bertambah bingung. Inilah yang dinamakan "information overload" atau pikiran kita terlalu bingung karena sudah terlalu banyak ide namun tidak tahu bagaimana menerapkannya.

Ini banyak kita jumpai pada orang awam yang mencoba mendesain sendiri rumah mereka. Setelah begitu banyak utak-atik denah, mereka akhirnya menyerah, padahal belum sampai pada desain tampak, gambar kerja beserta perhitungan anggaran biayanya. Kalau sudah begitu, mungkin kita perlu menyerahkan pekerjaan tersebut kepada ahlinya.

Gambar - Mengapa Memakai Jasa Arsitek?
Business image created by Yanalya - Freepik.com
Memakai jasa arsitek dalam membangun rumah belum tentu menjadi pilihan yang salah. Kita mungkin bisa lebih berhemat apabila kita menyewa arsitek yang tahu betul bagaimana cara mendesain rumah yang hemat biaya. Tentu kita akan merogoh kocek lebih banyak untuk jasa desain daripada kita mendesain rumah kita sendiri, tapi paling tidak kita akan berikan beberapa pertimbangan mengapa kita sebaiknya memakai jasa arsitek.

Hemat Waktu
Bagi kita yang sibuk, tentunya kita tidak akan sempat mendesain rumah kita sendiri, belum lagi jika ada masalah-masalah seputar desain seperti desain tampak, jalur sanitasi, penataan pencahayaan dan lain sebagainya. Kita mungkin tidak akan sanggup untuk mencari semua pemecahannya sendiri. Tentunya akan lebih mudah jika kita mempercayakan seluruh proses desain pada arsitek dan biarkan kita tetap fokus pada bidang pekerjaan kita. Agar proses desain jadi lebih cepat, berikan pada arsitek kita coretan-coretan sketsa denah yang mungkin sudah kita rancang sebelumnya, ini akan memberikan masukan berguna bagi sang arsitek untuk mengembangkan ide dari sketsa yang telah kita buat.

Hemat Biaya Desain
Menyewa jasa arsitek belum tentu mahal, kita bisa melihat di surat kabar, majalah, atau tabloid sebagai referensinya. Kini banyak situs online yang menawarkan jasa desain rumah dengan harga yang cukup terjangkau.

Hemat Biaya Pelaksanaan
Hemat biaya yang kita maksud bukan hanya pada saat desain saja, tapi akan lebih efektif menghemat budget kita pada saat pelaksanaan. Ini kerena bangunan kita sudah direncanakan dengan matang karena gambar kerja yang lengkap beserta asumsi harga pembangunannya. Hal ini akan memudahkan proses konstruksi dan menghindarkan kita dari kesalahan-kesalahan fatal yang menyebabkan timbulnya pembengkakan biaya.

Lebih Indah
Karena desain rumah kita ditangani oleh seorang arsitek yang sudah berpengalaman bertahun-tahun mendesain rumah, tentunya hasil akhirnya akan lebih memuaskan kita daripada mendesain sendiri. Seorang arsitek yang berpengalaman memiliki kepekaan tersendiri untuk membuat bagaimana desain rumah kita tidak saja indah bagi sang pemilik rumah saja, namu bagi semua orang yang melihatnya. Ada beberapa elemen desain yang membuat suatu rumah bisa disebut indah secara teoritis, ini akan kita bahas di artikel yang lain.

Meningkatkan Citra kita
Seseorang arsitek yang berpengalaman tentu akan membuat sebuah desain yang tidak saja bagus untuk sang pemilik rumah, namun juga untuk semua orang yang melihat, baik tetangga, saudara, teman, dan lain-lain. Hal ini tentunya akan meningkatkan citra kita ketika banyak orang yang memuji rumah kita. Ketika orang lain mengagumi rumah kita, biasanya yang dipuji adalah sang pemilik rumahnya, bukan si arsitek, karena seorang arsitek hanyalah seorang mediator antara desain dan pemilik rumah.