Cara Memilih Arsitek Yang Tepat

»
Cara Memilih Arsitek Yang Tepat
Memilih arsitek memang pekerjaan yang gampang-gampang susah, tapi kita harus tetap melakukannya agar pembangunan rumah kita tidak tertunda. Hal ini bukan pekerjaan yang mudah, mengingat semakin hari semakin banyak arstek bermunculan yang menawarkan jasanya. Paling tidak, kita akan mempelajari cara memilih arsitek yang tepat.

Rekomendasi orang dekat
Bertanyalah pada sahabat dan saudara kita apakah mereka bisa merekomendasikan aristek yang pas untuk rumah kita. Mungkin mereka dulu juga pernah menggunakan jasa arsitek sebelumnya, kalau sahabat kita merasa cocok dengan arsitek tersebut, mereka akan dengan senang hati merekomendasikannya. Tanya juga, apa saja yang harus dilakukan ketika menggunakan jasa seorang arsitek dan apa saja yang harus disiapkan.

Cari di iklan
Banyak arsitek yang menawarkan jasanya lewat koran, tabloid dan internet. Hati-hati, jangan terjebak kata-kata iklan. Pilihlah jasa desain rumah yang benar-benar terpercaya dan sudah terbukti mau melayani pelanggannya dengan baik.

Hubungi mereka
Ketika sudah menemukan yang cocok, coba hubungi mereka dan tanyakan apakah mereka bisa membantu kita. Mintalah jadwal bertemu agar kita tahu karakter si arsitek lewat bercakap-cakap dengannya. Ketika kita merasa nyaman berkomunikasi dan berdiskusi dengannya, bisa jadi kita akan lebih terinspirasi dan lebih semangat dalam membangun rumah.

Lakukan Seleksi
Pilih lebih dari satu arsitek sebagai pertimbangan kita dalam memutuskan secara obyektif. Pertimbangkan apakah biaya yang ditetapkan sesuai dengan jasa yang akan mereka kerjakan. Seleksi satu persatu dari arsitek yang kita pilih dan lakukan wawancara singkat. Mintalah portfolio atau proyek-proyek yang sudah mereka kerjakan sebelumnya.

Memilih arsitek yang tepat merupakan awal langkah kita dalam membangun rumah yang sesuai keinginan kita dan keluarga. Butuh sedikit pengorbanan, tapi yakinlah ini akan sebanding dengan apa yang akan kita dapatkan.