Percantik Rumah dengan Gorden

»
Bagi orang-orang yang gemar mempercantik rumah, gorden tidak pernah luput dari perhatian. Pilihan warna dan motif gorden dapat menambah keindahan dan kenyamanan di dalam ruangan.

Gorden di dalam rumah mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai pengaman agar rumah tidak mudah diintip orang dari luar jendela dan sebagai pemanis ruangan di dalam rumah.
Percantik Rumah dengan Gorden
Tidak jarang memilih jenis, warna, dan motif gorden menjadi sulit karena pilihan gorden dapat membentuk jiwa dari sebuah rumah dan aura yang dikeluarkan. Misalnya, nyaman, kaku, santai, bahkan terlalu ramai. Hal yang pasti, gorden dapat menggambarkan pribadi si pemilik rumah.
Berikut beberapa inspirasi untuk mempercantik gorden di rumah.

Pertama, pilih motif gorden

Pilihan motif yang disukai. Apakah polos tanpa motif, kembang-kembang, garis, atau kotak. Sebaiknya tentukan terlebih dahulu konsep yang ingin ditonjolkan dari sebuah ruangan. Misalnya, ruang tamu dengan konsep cozy dapat menggunakan warna-warna tanah dan cokelat.

Kedua, Sedikit Kreatif

Jika tidak ingin membeli gorden baru, salah satu trik untuk mempercantik gorden adalah menjahit sambungan dari bagian belakang kain yang sudah dirangkap sehingga garis-garis bekas jahitan tidak terlihat. Untuk membuat gorden terlihat lebih berat (memberikan kesan penuh), gunakan bahan pelapis bagian belakang dari kain vlanel. Dengan begitu lekuknya terlihat indah karena tidak terlalu tipis.

Selain itu, kita juga dapat menggunakan kain sisa. Kemudian, buat gorden menyerupai anyaman, caranya dengan dipilah-pilah kemudian dianyam dengan kain. Cara lain mempermanis gorden adalah dengan detail seperti border dan tastel.

Ketiga, jenis gorden

Gorden kain dengan tali mengerek dapat memudahkan untuk keluar masuknya cahaya dan sirkulasi udara alami yang dibutuhkan. Dengan bahan kain, pengolah desain gorden dapat lebih beragam dan dinamis.

Untuk kamar anak, pilihlah gorden dengan bahan, model, dan sistem yang sederhana. Perhatikan juga sirkulasi pencahayaan alami yang akan mempengaruhi kenyamanan anak. Jangan gunakan gorden yang panjang atau banyak rumbai-rumbai di bawahnya karena dapat dijangkau oleh anak sehingga membahayakan.

Keempat, sesuaikan warna gorden dengan furnitur di rumah

Penyesuaian warna gorden dengan mebel ruangan dapat memberikan kesan nyaman dan tenang. Saat ini sedang tren pemanduan warna yang kontras. Selama kamu pintar memadu padankannya, tidak masalah. Tetapi harus tetap berhat-hati agar tidak menimbulkan kesan terlalu ramai dan penuh, terutama jika rumah tidak terlalu besar. Contohnya, untuk kenyamanan di kamar tidur, gorden biasanya berwarna cokelat susu, sedangkan karpet, meja, kursi, ranjang, dengan warna cokelat muda.